Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : SPLDV
Kelas / Satuan Pendidikan : X / SMA
Waktu :1 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B. Kompetensi Dasar
2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
C. Indikator
- Siswa dapat memahami sistem persamaan dua variabel
- Siswa mampu menggunakan metode-metode dalam SPLDV untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa mampu memecahkan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari
Apersepsi
1. Sebelum memulai pembelajaran guru menunjukkan contoh-contoh SPLDV dalam kehidupan sehari-hari
Sebelum mempelajari materi ini kalian harus mengingat kembali materi SPLDV yang telah dipelajari saat SMP.
Pernahkah kalian melihat gambar ini ? Tentu saja kalian tidak asing dengan gambar ini. Betul, ini adalah gambar daftar menu harga. Tanpa kita sadari, dalam daftar tersebut dapat kita buat beberapa contoh SPLDV. SPLDV berguna untuk mengetahui nilai variabel yang belum diketahui dengan cara mencari nilai variabel lain.
Eksplorasi
2. Guru memberikan penjelasan pengertian SPLDV melalui contoh-contoh persamaan satu variabel dan dua variabel
Pengertian SPLDV
SPLDV adalah suatu persamaan linier dengan menggunakan dua variabel. Contoh-contoh persamaannya adalah sebagai berikut.
3. Siswa bersama-sama dengan
guru menonton video SPLDV untuk menambah pemahaman siswa tentang
definisi SPLDV
Elaborasi
4. Guru memberikan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menyelesaikan masalah
tersebut dengan metode SPLDV yang telah diketahui secara berkelompok
Masalah SPLDV dalam Kehidupan sehari-hari
Berapa harga sebuah baju dan sebuah kaos?
Untuk menyelesaikan permasalahan diatas dapat dengan dimisalkan:
x = harga sebuah baju
y = harga sebuah kaos
maka dapat dituliskan sebagai berikut:
x + 2y = 120.000
x + 3y = 145.000
5. Siswa mempresentasikan hasil yang mereka dapat.
Konfirmasi
6. Guru memberikan soal-soal
kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan dan memberi
kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.
Coba juga belajar dari power point dan soal-soal didalamnya berikut ini :
Untuk mengasah kemampuan kamu tentang SPLDV cobalah untuk mengerjakan soal ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar