Selasa, 18 Juni 2013

Web Base Lesson : SPLDV

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : SPLDV
Kelas / Satuan Pendidikan : X / SMA
Waktu :1 x 45 menit

A. Standar Kompetensi 
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
     
B. Kompetensi Dasar 
    2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya

C. Indikator 
  1. Siswa dapat memahami sistem persamaan dua variabel
  2. Siswa mampu menggunakan metode-metode dalam SPLDV untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  3. Siswa mampu memecahkan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari
D. Materi dan Langkah-Langkah Pembelajaran 

Apersepsi 
1.  Sebelum memulai pembelajaran guru menunjukkan contoh-contoh SPLDV dalam kehidupan sehari-hari

     Sebelum mempelajari materi ini kalian harus mengingat kembali materi SPLDV yang telah dipelajari saat SMP.



Pernahkah kalian melihat gambar ini ? Tentu saja kalian tidak asing dengan gambar ini. Betul, ini adalah gambar daftar menu harga. Tanpa kita sadari, dalam daftar tersebut dapat kita buat beberapa contoh SPLDV.  SPLDV berguna untuk mengetahui nilai variabel yang belum diketahui dengan cara mencari nilai variabel lain.

Eksplorasi

2. Guru memberikan penjelasan pengertian SPLDV melalui contoh-contoh persamaan satu variabel dan dua variabel

Pengertian SPLDV
SPLDV  adalah suatu persamaan linier dengan menggunakan dua variabel. Contoh-contoh persamaannya adalah sebagai berikut.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/5/58/Persamaan_13.jpg




3. Siswa  bersama-sama dengan guru menonton video SPLDV untuk menambah pemahaman siswa tentang definisi SPLDV

 Ayo lihat video berikut ini....!!!!!!

Elaborasi 
4.  Guru memberikan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan metode SPLDV yang telah diketahui secara berkelompok
Masalah SPLDV dalam Kehidupan sehari-hari

Dewi membeli sebuah baju dan dua buah kaos, ia harus membayar Rp120.000,00. Di toko yang sama Ayu membeli sebuah baju dan tiga buah kaos dengan harga Rp145.000,00.
Berapa harga sebuah baju dan sebuah kaos?


Untuk menyelesaikan permasalahan diatas dapat dengan dimisalkan:
x = harga sebuah baju
y = harga sebuah kaos

maka dapat dituliskan sebagai berikut:
x + 2y = 120.000
x + 3y = 145.000



5. Siswa mempresentasikan hasil yang mereka dapat.
 
Konfirmasi

6. Guru memberikan soal-soal kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan  dan memberi kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.

Coba juga belajar dari power point  dan soal-soal didalamnya berikut ini :


  Untuk mengasah kemampuan kamu tentang SPLDV cobalah untuk mengerjakan soal ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar